Senin, 03 September 2012

Kerupuk Bakar

Anda pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata kerupuk,tapi apakah anda pernah mendengar istilah kerupuk bakar atau Kerupuk Basah?.

Kerupuk bakar dan Kerupuk Basah adalah makanan khas Kalteng tepatnya daerah Pangkalan Bun dan Sukamara. Di daerah Pangkalan Bun  Kerupuk Bakar lebih banyak digemari.

Apa sih perbedaannya?. Sebenarnya Kerupuk Bakar adalah Kerupuk Basah yang dibakar dengan bumbu-bumbu tambahan sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih beragam. Kerupuk Basah itu sendiri adalah calon kerupuk( kerupuk kering yang biasanya dijual) yang belum diiris dan dikeringkan sehingga orang-orang menyebutnya Kerupuk Basah.

Bahan-bahan pembuatan Kerupuk Basah ialah tepung terigu,ikan gabus yang sudah dicincang,bawang putih,penyedap rasa,dan air.

kerupuk basah biasanya dimakan dengan sambal.
sedangkam kerupuk bakar biasanya dilumuri bumbu-bumbu rahasia. Ada 2 rasa yang populer dikalangan penikmatnya yaitu KrupukBakar Pedas dan Kerupuk Bakar manis.

Jika anda penasaran gimana sih rasa kerupuk bakar dan kerupuk basah itu,berkunjunglah ke kota Pangkalan Bun atau Sukamara. Harganya cukup terjangkau hanya sekitar 1000-5000 rupiah per batangnya. So,semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar